Jumat, 29 Oktober 2010

Berbagi Suami

Berbagi Suami
for everyone
Category: Movies
Genre: Drama
Satu lagi filmnya Nia Dinata hadir. Keperfeksionisannya dan kepeduliannya untuk mengangkat tema sosial khususnya tentang perempuan selalu bikin filmnya enak buat ditonton.

Berbagi Suami. Sebuah film 'satire' bertema poligami yang dari jaman kuda gigit besi sampe udah lewat abad milenium tetep aja menjadi hal yang penuh kontra. Apakah poligami cuma ada pada masyarakat Islam tradisional? Belum tentu...nonton dulu film ini...

Berbagi suami bercerita tentang perempuan2x (diperankan oleh Jajang C Noer, Nungki Koesoemastuti, Ria Irawan, Rieke Diah Pitaloka, Shanty, Dominique,dll) yang dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka harus berbagi kelamin sang suami dengan perempuan2x lain. Kegiatan bercinta di tempat tidur bagi para istri menjadi layaknya antrian di bank,ambil tiketnya dan tunggu giliranmu.(Sengaja, menghindari kalimat berbagi cinta, karena konon katanya-ngambil dari salah satu dialog di film ini- poligami ga ada hubungannya sama cinta alias cuma untuk menyalurkan hasrat kelaki-lakiannya lelaki).

Lewat film ini Nia and the gank ingin memaparkan bahwa "menginginkan perempuan lebih dari satu" ada pada keinginan mendasar lelaki. Regardless rich-poor,well educated-uneducated, moslem-non moslem. Keinginan itu diwujudkan entah dalam bentuk berpoligami, atau dalam bentuk melihara perempuan simpanan tanpa dikawin, atau bahkan dalam bentuk selingkuh.Semua itu sama -judulnya "one is not enough".

Yang bikin film ini menjadi hidup selain skenarionya yang emang bagus banget dimana dialog2x yang muantaphh kali -juga kualitas para pemain, baik yang udah kampiun maupun pendatang baru bisa klop-nyatu.

-4 jempol deh buat Ria Irawan yang sekali lagi nunjukin kualitas aktingnya yang alami-sumpe dey-alami abissss. Ngga takut jelek, ngga jaim, aktingnya itu 'bernyawa'.
-3 jempol buat Jajang C Noer, El Manik, Tio Pakusadewo, Nungki Koesoemastuti, Ira Maya Sopha.
-1 jempol buat Rieke Diah Pitaloka n Shanty yang mampu cukup baik adu akting dengan Ria.
-Untuk Dominique, very sorry honey...masalah jam terbang kali ya...dialog2x yang asik jadi ngga hidup, emosinya flat, apalagi untuk hadap2xan dengan Tio Pakusadewo, masih keliatan jomplang.

Meski tema filmnya agak serius tapi jangan salah... film ini ngga bakal bikin bosen. "Berbagi Suami" dijamin bakal bikin nyengir dan ketawa lebar dey. Dialog2x yang segar, penuh sindiran dan kocak berhasil mengocok perut penonton. Very entertaining sekaligus memberi pelajaran tapi ngga menggurui. Salut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger